Pengalaman Di DigitalLabs

 

Cerita Di DigitalLabs

Assalamualaikum pembaca sekalian, saya Arkadia dari kelas 7F absen 05. Saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya di event DigitalLabs yang diselenggarakan pada tanggal 2 September 2021. Saya juga akan mencoba membagi setiap bagian di DigitalLabs ini. Silahkan membaca para pembaca.

 

Pada hari dimana DigitalLabs di mulai, yaitu 2 September jam 09.30, saya masuk jam 10 karena lelah dan malas untuk masuk ke zoom dan malah memundur mundur waktu masuk ke zoom hingga jam 10 lebih. Saya santai lagi setelah mengetahui kalo acara belum dimulai dan hanya masih standby dan grup kelas ku juga bilang kalo masih standby dan belum mulai acaranya, namun ternyata beberapa saat kemudian kamera host nyala dan memberikan sambutan kepada semua peserta di zoom. Tema DigitalLabs kali ini adalah tentang content creator atau pembuatan film. Temanya berbeda dari yang saya bayangkan, saya kira DigitalLabs itu seperti yang dikatakan kakak saya dan gambar di brosur sekolah yang hanya event dengan tema digital seperti, kenapa sih gak boleh main hp lama lama dan semacamnya dan kalau bedasarkan gambar brosur hanya event yang menunjukkan karya dari digital dari eskul acolabs yang merupakan eskul gambar. Tidak lama kemudian tamu pertama pun memulai sesinya.

 

Tamu pertama nya adalah Bapak Tantan Sumartana yang merupakan director dari tim marketing PT MNC, chief sales marketing dari RCTI, MNCTV, GTV dan RCTI+, dan juga founder dari BICARAPAGI.ID. Karena Bapak Tantan adalah sales marketing dari perusahaan entertainment, jadi di sesi pertama ini Bapak Tantan akan membawakan materi tentang marketing dan sales. Tentang materi yang dibawakannya menarik tapi entah kenapa  sedikit membosankan. Kenapa menarik karena tema materinya adalah periklanan dan dimana media yang paling tepat untuk memasang iklan, seperti memasang di koran, tv, radio dan yang paling sering dipakai, yaitu internet. Bagi saya membosankan karena materi yang cukup panjang dan membuatnya semakin tidak menarik juga. Setelah menjelaskan materi ada sesi Tanya jawab, tidak ada banyak pertanyaan dan sesi kedua pun dimulai

 

Sesi kedua dimulai dengan dua content creator terkenal yaitu kak kenji dari channel youtube kenjoytv dan kak destri dari platform tiktok ( saya gak punya tiktok jadi gak tau akunnya ). Isi dari sesi kedua itu seperti cerita kedua kakak ini bikin channel sama akun terus terkenal dan komen hate dan dukungan dari fans fansnya. Ya kalo materi ini saya gak begitu tertarik walaupun temanya tentang buat content dan jangan lupa subscribe channel kak kenji yaitu kenjoytv, isinya tentang unboxing hp sama main drum loh, biar nanti pas pengen beli hp gak harus banding bandingin dulu dan untuk kak destri bagi yang tau akunnya tolong di follow biar pas beli kosmetik bisa lihat lihat dulu efeknya dan cara menggunakannya. Di sesi pertanyaan tidak ada banyak hal dan mari lanjut ke sesi yang saya suka yaitu sesi ketiga

 

Sesi ketiga ini dibawakan langsung oleh sutradara film terkenal dari Indonesia yaitu kak Danial Rifki yang sudah menyutradarai banyak film. Sesi ini sangat menarik dan tidak membonsankan karena temanya adalah membuat film dan saya juga ingin membuat film walaupun tidak menjadi sutradara di masa yang mendatang. Di saat penjelasan, semuanya dijelaskan dengan detail seperti bagaimana cara menemukan ide, mengolah ide dan membuat ide menjadi tema film itu sendiri. Dijelaskan juga seperti bagian bagian pengerjaan di pembuatan film. Ada directing, camera, art, sound, wardrobe dan make up, producting dan yang terakhir editing. Dan emosi penonton saat menonton film juga penting sehingga kita juga di ajarkan apa saja sih emosi dan perasaan yang bisa muncul saat menonton film. Dan yang paling penting adalah pesan untuk disampaikan ke penonton. Disaat sesi Tanya jawab saya menanyakan satu hal yaitu, apakah saat kita mengadaptasi suatu karya orang lain, hanya kita yang di untungkan atau kita dan orang yang punya karya lah yang sama sama untung, dan jawabannya adalah kita dan orang yang punya karya sama sama untung. Di sesi Tanya jawab juga banyak yang bertanya dan banyak juga pertanyaan yang bagus di sesi ketiga ini. Waktu dari sesi ketiga habis dan sekarang waktunya sesi terakhir, yaitu sesi keempat.

 

Sesi keempat itu lumayan membonsankan dan tidak menarik bagi saya, karena hanya cara mengedit video di app edit video tertentu yang dimana saya tidak punya appnya dan juga tidak suka memakai app itu sendiri karena ribet. Oh iya materi mengedit video dengan aplikasi di android ini dibawakan oleh Bapak Dhani Hartanto yang merupakan fotographer yang handal atau bahasa kerennya professional. Tidak banyak yang bisa diceritakan disini karena bagi saya sesi terakhir ini terasa sangat cepat dan tidak banyak pertanyaan yang dikeluarkan oleh para murid di sesi kali ini.

 

Overall, bagi saya pengalaman yang menarik namun tidak seperti yang saya pikirkan. Lumayanlah buat nambah pengetahuan tapi ya gimana ya, kayaknya kelamaan deh mungkin kapan kapan bisa dipersingkat lah dan jadinya gak terlalu bosenin. Ada kejadian habis selesai event DigitalLabs, yaitu tiba tiba saya di chat sama seseorang yang gak ada kontaknya di hp saya. Awalnya saya panik dan langsung coba tanyain siapa yang ngechat saya, katanya dari panitia event DigitalLabs, katanya ingin memberikan hadiah atas partisipasi nya dalam event. Saya coba mikir ulang dan kalo di pikir pikir kayaknya emang bener dari panitia tapi masih ragu dan saya coba lihat grup angkatan ada yang dapet chat kayak gitu dan dia tadi orang yang juga nanya pas di event dan katanya dapet go pay dari panitia. Karena saya belum punya akun gojek jadi saya pake akun kakak saya. Jadinya dapet Rp 100.000 gopay deh karena berpatisipasi ( katanya ). Habis itu saya coba tunjukin ke temen kelas dan ternyata salah satu temen saya Malik yang juga nanya juga dapet chat dan dapet go pay juga. Dari situ saya nyadar kalo misalnya nanya di event bisa dapet hadiah dan dibilang berpatisipasi. Saya senang bisa dapet go pay yang bisa di pakai untuk jajan. Sekian dari saya tentang pengalaman saya di event DigitalLabs tahun 2021 ini. Terimakasih karena sudah membaca.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Lunak Dan Fitur Aplikasi Arkadia Fawwaz Tara

Jawaban Informatika

Rangkuman Bab 1 Jaringan Komputer ( Arkadia Fawwaz Tara, Kelas 8B 07 )